Marthen Kangenan Beri Materi Workshop Bedah SKL Kerja Sama MGMP Guru IPA Sekabupaten Karimun

Rabu, 25 Maret 2015 09:04:17 - Posting by Penulis - 409 views

KoranPendidikan.com - Siapa yang tidak mengenal Marthen Kangenan. Seorang penulis buku – buku cetak mata pelajaran fisika SMP dan SMA. Beliau hadir di SMAS. Mahabodhi Karimun, Provinsi Kepulauan Riau sebagai nara sumber Work Shop Bedah SKL yang diselenggarkan oleh penerbit Buku Erlangga bekerja sama dengan Forum MGMP IPA (Musyawarah Guru Mata Pelajaran –Ilmu Pengetahuan Alam) Kabupaten Karimun. Dalam acara tersebut,  memang Forum MGMP –IPA dijadwalkan di SMA S. Maha Bodhi Karimun. “jadi kebetulan sekali forum MGMP nya di SMAS. Maha Bodhi,  jadi acara workshopnya juga diselenggerakan disini” Ujar Jobta Ginting S.Pd., salah satu anggota MGMP-IPA Kab. Karimun.

Dalam workshop tersebut, alumni pascasasrjana ITB Bandung ini menjelaskan tentang Ketuntasan SKL yang harus dicapai siswa itu tergantung dari guru yang mengajarkannya. Marthen menjelaskan “Fisika itu dilihat dari proses atau cara yang mudah untuk diberikan kepada siswa agar siswa dapat mudah menjawab soal-soal fisika”. Seluruh perserta antusias menyimak materi yang disampaikan marthen yang juga menjadi Pembina Tim Penyusun soal olimpiade Fisika Nasional ini. “peserta yang ikut dalam workshop ni adalah seluruh guru yang tercakup dalam matapelajaran IPA yang ada di Kabupaten Karimun. Namun tidak disangka, diluar SMA, contohnya guru matematika SMP Maha Bodhi juga turut serta mengikuti acara workshop ini” ujar Jobta , yang juga merupakan guru Fisika SMA Mahabodhi Karimun.

Disela-sela istirahat, Marthen berpesan hendaknya ada pembinaan bagi guru-guru fisika secara mendalam dan insentif . Sebab,  masih banyaknya siswa yang belum mencapai standar kurikulum dilihat dari hasil Ujian Nasional. “ini disebabkan karena kurangnya  pembinaan bagi guru-guru seperti pelatihan-pelatihan dengan program yang sistematis dan waktu yang cukup lama. Agar siswa-siswa dapat mencapai standar kompetensi yang diharapkan di Kurikulum.”ujarnya.

Beliau juga menambahkan, pelatihan-pelatihan bagi guru-guru fisika hendaknya dilakukan secara professional, bukan secara birokrasi melalui perguruan tinggi. “jika hanya dilakukan secara birokratif, maka akan menimbulkan nilai keuntungan semata bukan untuk memajukan teknik pengajaran bagi guru” tambahnya. Disela acara, Jobta Ginting, S.Pd. mendapat hadiah khusus dari Penulis Buku Fiskia, Marthen Kangenan. Beliau sangat senang sekali bertemu apa lagi sampai diberi hadiah. “saya senang sekali karena pak Marthen memberikan saya buku yang nantinya akan diterbitkan. Jadi saya sudah mendapatkan pertama sekali. Terimaksih pak Marthen” ungkapnya.  TEAM LENTERA MB, KORAN PENDIDIKAN  MELAPORKAN

Tags #